Jumat, 09 November 2012

Bubur Ayam, SEHAT atau TIDAK ?


Pertama kali saya makan bubur ayam adalah pada saat saya sedang lari pagi bersama teman-teman saya, setelah lari pagi kami merasa lapar dan saya melihat penjual bubur ayam, lalu kami membeli bubur ayam untuk sarapan, pada saat saya mencoba bubur ayam ternyata membuat saya menyukainya.

Bubur  lebih popular sebagai menu sarapan pagi karena cara membuatnya praktis dan tidak memerlukan waktu lama. Bubur yang baik harus dibuat dari beras yang pera dan wangi. Beras direbus hingga lunak tapi dijaga tetap utuh butirannya (tidak hancur). Sebagai perbandingan dasar, untuk 200 gram beras menggunakan 1-2 liter air.

Padahal terdapat begitu banyak manfaat yang ada dalam semangkuk bubur ayam. Bubur yang terbuat dari nasi, dari bentuknya yang halus, membuatnya mudah untuk dicerna sehingga cocok buat orang lanjut usia atau yang sedang mengalami gangguan saluran pencernaan. Selain itu bubur juga cocok untuk dijadikan sebagai menu untuk yang sedang berdiet karena kolesterolnya yang rendah.

Sementara itu daging ayam sudah dikenal banyak mengandung protein. Menu sarapan yang rendah kolesterol dan kaya akan protein secara otomatis akan mengurangi ketergantungan tubuh terhadap makanan berkarbohidrat. Menurunnya ketergantungan akan karbohidrat dan terpenuhinya protein di pagi hari akan membuat tubuh aktif sepanjang hari. Sehingga akan terhindar dari rasa kantuk dan loyo yang umumnya disebabkan kelebihan karbohidrat yang kita makan. konsumsi bubur menyehatkan lho, dari sari makananya maupun dari kerja perut yang ringan. Yuk, kita intip cara pembuatannya.

Resep Bubur Ayam
Bahan:
1 ekor ayam kampung.
3500cc air.
120 gr beras.
garam secukupnya.
2 batang Serai, memarkan ambil putihnya.
2 lembar daun jeruk limau.
2 sdt ketumbar.
1 butir kemiri.
2 siung bawang putih.                  
1 sdt kunyit bubuk.
Cabai Merah dan Cabai Rawit sesuai selera.

Pelengkap:
Kecap manis.
Cakwee, iris halus.
Kerupuk Goreng.
Daun bawang, iris halus.
Sambal.

Cara Membuat
- bubur: Rebus ayam dengan 3500cc air hingga mendidih, angkat dan saring kaldunya hingga 3000 cc, Keluarkan ayam, kemudian goreng dan disuwir-suwir, Masak beras dengan 2200 cc air kaldu hingga menjadi bubur. Angkat dan sisihkan.
- kuah : Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukan daun jeruk limau dan Serai. Tambahkan sisa kaldu setelah bubur tadi. Masak hingga kuah mendidih, angkat.
- Sambal: Haluskan cabai merah dan cabai rawit. Tambahkan 2 sdm kuah. Aduk rata.
- Cara menghidangkan: Hidangkan bubur panas-panas, siram dengan kuah, beri taburan ayam suwir, cakwe, kerupuk dan daun bawang. Sajikan dengan sambal dan kecap manis.
             
        Cukup sekian tentang pengalaman dan penjelasan tentang makanan kesukaan saya yaitu bubur ayam semoga bermanfaat bagi anda, Terima Kasih.

1 komentar: