Kamis, 13 Desember 2012

Dampak Mesin Cuci Untuk Membersihkan Pakaian


Latar Belakang

Pakaian adalah kebutuhan yang selalu di butuhkan manusia. Pakaian berfungsi tidak untuk menutupi aurat saja tetapi juga melindungi manusia dari sinar matahari dan juga udara dingin. Masalah kebersihan menjadi seseuatu yang cukup kompleks dalam kehidupan manusia, terutama tentang kebersihan pakaian sebagai wujud nyata dari kepribadian manusia itu sendiri.


Tujuan Pembahasan

Mengetahui dampak negative dan positif dalam membersihkan pakaian.

Definisi Mesin Cuci

Mesin cuci adalah sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya seperti handuk dan sprei. Biasanya terbatas ke mesin yang menggunakan air untuk mencuci, dan tidak seperti cuci kering yang menggunakan cairan pembersih alternatif dan biasanya dilakukan oleh bisnis khusus.




 Perkembangan Teknologi Mencuci Baju

Ø  TRADISIONAL

Mencuci Menggunakan Tangan

Pada jaman yang modern ini, masih ditemukan banyak masyarakat pedesaan yang mencuci masih menggunakan tangan. Cara ini membutuhkan waktu yang relatif lama namun kekuatan yang besar, namun hasilnya memuaskan. Keunggulan lain, dengan cara ini pakaian lebih tahan lama dan corak pada kain tidak mudah luntur dan kusam.

Ø  SEMI MODERN

Mencuci Menggunakan Kayu Bergerigi

Sebagian masyarakat menilai bahwa cara ini lebih mudah dan praktis daripada mencuci dengan tangan kosong. Namun jika tidak jeli terhadap noda-noda di pakaian, hasilnya kurang memuaskan, karena alat ini hanya untuk membantu membersihkan noda-noda yang terdapat pada pakaian.
Alat ini sering dipakai di perkampungan kota yang padat, seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta.

Ø  MODERN

Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan terobosan teknologi dalam mencuci baju. Dengan alat ini, bukan hanya untuk mencucui baju, tetapi juga dapat di gunakan untuk mencuci barang-barang lain. Seperti gorden, seprai, sarung bantal, selimut. Alat ini jauh lebih praktis dan lebih canggih dari alat-alat sebelumnya. Dan lebih banyak digunakan oleh masyarakat.


Dampak Positif Mesin Cuci dalam membersihkan pakaian

Pada umumnya dahulu orang – orang mencuci pakaian dengan menggunakan tangan. Terlebih lagi ibu rumah tangga. Setiap hari akan mencuci pakaian yang kotor. Tetapi semenjak adanya mesin cuci, ibu rumah tangga dan para pencuci pakaian yang lainnya lebih mudah dalam mencuci. Mesin cuci memberikan kemudahan dalam mencuci selain itu juga membantu mempercepat dalam mencuci. Bahkan, di saat pakaian diputar di dalam mesin cuci, kita dapat mengerjakan pekerjaan yang lainnya. Dan dengan memakai mesin cuci, juga membantu di daam proses pengeringan pakaian. Yang dulunya pakaian yang sudah dicuci hanya diperas dengan tangan dan pakaian pun masih terlalu basah, kini apabila di keringkan dengan mesin cuci maka pakaian tidak terlalu basah. Hanya tinggal butuh proses pengeringan yang sebentar menggunakan matahari ataupun angin.


Dampak Negatif Mesin Cuci dalam membersihkan pakaian

Mesin cuci juga tidak memberikan manfaat saja. Adapun kerugian yang diberikan oleh mesin cuci salah satunya yaitu penggunaan listrik dan terkadang membuat kita malas mencuci setiap hari seperti saat kita mencuci dengan tangan. Kita lebih suka menumpuk pakaian kotor hingga banyak setelah itu baru dicuci. Memang dengan cara itu membuat kita hemat di dalam penggunaan air yang hanya sesekali tetapi banyak. Tetapi pada intinya, setiap tekhnologi memberika manfaat dan kerugian tersendiri bagi penggunanya. Tergantung kepada penggunanya bagaimana cara mengantisipasi agar bisa sesuai dengan kebutuhan.


Berikut ini tips untuk mengelola cucian baju keluarga.

·       Uji baju yang baru Anda beli atau pakai, luntur atau tidak.Kalau belum pernah dicuci, upayakan untuk mencuci secara terpisah. Biasanya meskipun bajunya tidak luntur, tetap saja dicuci untuk pertama kalinya ada saja warna yang luntur.

·       Pisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna, untuk mempertahankan kecerahan warna putih. Jadi mekanisme pemisahan pakaian kotor juga lebih jelas.

·       Pisahkan juga pakaian yang hanya bisa dicuci tangan seperti stoking dan lain-lain.

·       Pisahkan pakaian berbahan lebut dari yang berbahan kasar.

·       Jangan overload memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci. Adanya ruang saat mesin berputar membuat proses pencucian bagian kotor lebih maksimal.

·       Campurkan saja jenis pakaian kecil bersama yang besar. Misalnya jaket dan handuk.

·       Kosongkan dan periksa bagian kantong jangan sampai tertinggal dokumen atau benda-benda penting. Atau jangan sampai ada bahan yang merusak pakaian.

·       Periksa bagian yang koyak, bolong atau kancing yang lepas.

·       Tutup ritsleting agar tidak mudah rusak.

·       Cek bagian baju mana yang terkena noda.

·       Sebelum mencuci dengan mesin, gosok bagian yang kotor, terutama bagian kerah atau bagian kancing dengan sabun, baik batangan maupun cair.

Kesimpulan

Tetapi pada intinya, setiap tekhnologi memberika manfaat dan kerugian tersendiri bagi penggunanya. Tergantung kepada penggunanya bagaimana cara mengantisipasi agar bisa sesuai dengan kebutuhan.

Refrensi

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar