Jumat, 28 Desember 2012

Sumber Daya Energi NonKonvensional "Energi Matahari"

Latar Belakang
setelah dimulainya revolusi industri, orang mulai menggunakan sumber energi konvensional (energy yang tidak dapat diperbaharui). sumber dayanya yaitu bahan bakar fosil, batubara, gas alam dan minyak bumi. Bahan bakar fosil ini merupakan sumber daya yang tidak dapat di perbarui dan jumlahnya terbatas. salah satu contoh energi alternative pengganti fosil yaitu energi matahari. dan kali ini saya akan menjelaskan energi matahari sebagai energi nonkonvensional.


Tujuan Pembahasan
Mengetahui tentang energi matahari sebagai pengganti energi bahan bakar fosil, manfaat energi matahari dan dampak energi matahari.



Pembahasan

1.Pengertian Energi Matahari

Energi Matahari adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas Matahari  melalui peralatan tertentu menjadi sumber daya dalam bentuk lain.

2. Manfaat Energi Matahari

Pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi alternatif untuk mengatasi krisis energi, khususnya minyak bumi, yang terjadi sejak tahun 1970-an mendapat perhatian yang cukup besar dari banyak negara di dunia. Di samping jumlahnya yang tidak terbatas, pemanfaatannya juga tidak menimbulkan polusi yang dapat merusak lingkungan. Cahaya atau sinar matahari dapat dikonversi menjadi listrik dengan menggunakan teknologi sel surya atau fotovoltaik.

Dan berikut ini penjelasan tentang manfaat energi matahari :

A.Panel Surya Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Untuk membangkitkan listrik sendiri di rumah bisa dengan cara pemasangan panel surya - solar cell. Panel surya - solar cell mengubah sinar matahari menjadi listrik. Listrik tersebut disimpan di dalam aki,dan aki akan menghidupkan lampu.

Dalam penggunaan panel surya - solar cell untuk membangkitkan listrik di rumah,ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan karena karakteristik dari panel surya / solar cell:

  1. Panel surya - solar cell memerlukan sinar matahari. Tempatkan panel surya / solar cell pada posisi dimana tidak terhalangi oleh objek sepanjang pagi sampai sore.
  2. Panel surya - solar cell menghasilkan listrik arus searah DC.
  3. Untuk efisiensi yang lebih tinggi, gunakan lampu DC seperti lampu LED.
  4. Instalasi kabel baru khusus untuk arus searah DC untuk perangkat berikut inimisalnya: lampu penerangan berbasis LED (Light Emiting Diode), kamera CCTV,wifi (wireless fideliity), dll.

B.Kompor Matahari


Penggunaan energi matahari dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk memasak sebagai pengganti minyak tanah atau gas. Mengingat harga minyak tanah dan  gas terus menaik.

Terdapat berbagai macam jenis kompor matahari yang dapat digunakanuntuk “memanen” energi matahari, diantaranya;
  1. Box cooker, kebanyakan dari kompor matahari jenis ini digunakan oleh sector rumah tangga di India. 
  2.  Parabolic/concentrator cooker, didesain sebagai konsentrator jenis ini dapat menghasilkan temperature panas yang sangat tinggi seperti api, sehingga sangat bahaya dan membutuhkan perhatian yang ekstra dalam penggunaannya. Biasanya digunakan untuk memasak dalam skala besar, dan pengguna kompor jenis ini kebanyakan di negara China. 
  3. Kombinasi antara parabolic cooker dengan box cooker atau sering disebut panelcooker, kompor jenis ini yang paling banyak digunakan karena memiliki berbagai keunggulan, diantaranya adalah temperature yang dihasilkan tidak sepanas kompor parabolic sehingga relative aman, bentuknya yang flat juga aman bagimata kita (karena biasanya kompor parabolik memantulkan cahaya matahari yang berbahaya bagi mata), mudah diproduksi dengan teknologi sederhana dan biaya yang murah, serta mudah dibawa dan disimpan. Dalam potingan ini akan disuguhkan bagaimana membuat kompor tenaga matahari jenis kombinasi ini.
C. Pendingin Ruangan dengan Tenaga Surya


system solar thermal cooling, pendingina ruangan dengan menggunakan energy panas matahari. Menghasilkan udara yang dingin dengan menggunakan panas matahari. Pada umumnya matahari dikenal sebagai sumber panas. Namun dengan menggunakan teknologi modern,ada beberapa proses thermal yang dapat menggunakan enegi panas matahari untuk menggerakkan suatu proses pendinginan. Salah satu proses thermal yang dapat digunakan untuk menggerakkan poses pendinginan adlah proses refrigerasi yang dikenal sebagai absorption chilling. Secara umum, suatu system refrigerasi bertugas untuk memindahkan energy panas dari suatu ruangan tertutup kelingkungan, agar suhunya lebih rendah dari suhu lingkungan.

3. Keuntungan dan kerugian Energi Matahari

    A.   Keuntungan energi matahari

Berikut ini adalah keuntungan atau manfaat energi surya.

1.     Salah satu keuntungan terbesar energi surya yang merupakan sumber energi terbarukan. Energi dapat diproduksi selama matahari berlangsung, yang selama jutaan tahun ke depan. Oleh karena itu, energi matahari benar-benar dapat disebut sebagai sumber energi tahan lama.

2.     Seperti listrik langsung dikembangkan dari energi matahari, tidak ada kelangkaan bahan baku, i, sinar matahari. Hal ini ditemukan dalam kelimpahan.

3.     Sel surya mudah dipasang, dapat diinstal di atas atap dan karenanya, ada ruang ekstra yang dibutuhkan. Generasi energi dalam skala kecil, pengguna secara individu, juga mungkin.

4.     Panel surya yang bersuara dan stasioner. Mereka juga membutuhkan pemeliharaan sangat sedikit.

5.     Energi surya dapat dihasilkan dalam setiap bagian dunia, di setiap tempat di mana sinar matahari berlimpah tersedia.

6.     Salah satu keuntungan lingkungan yang paling penting dari energi surya yang merupakan sumber polusi non-energi karena tidak ada emisi karbon dioksida atau gas lain dalam produksi listrik.

7.     Karena alasan tersebut di atas, energi matahari tidak menimbulkan ancaman terhadap lingkungan dan karenanya, juga dikenal sebagai sumber energi bersih.

8.     Ketika berpikir keuntungan ekonomis energi surya, maka seseorang harus mencatat bahwa selain dari biaya instalasi awal, energi tenaga surya dan penggunaan bebas. Tidak ada biaya dan tagihan untuk cenderung!

9.     Harga batubara, gas alam dan minyak dan bahan bakar fosil lainnya cenderung meningkat terus-menerus. Energi surya, di sisi lain, bebas.

10.            Energi surya dapat digunakan untuk memasak, pemanas air, dan juga untuk mengoperasikan peralatan listrik yang berbeda berdasarkan di rumah atau kantor.

11.            Akhirnya, salah satu manfaat utama lain dari energi surya adalah bahwa ini energi terbarukan yang sehat, aman dan mudah digunakan di rumah, kantor atau pada skala yang lebih besar.

    B.  Kekurangan Energi Matahari
Hanya ada beberapa kelemahan atau kontra energi surya.

     
          1.Biaya awal pemasangan solar cell cukup tinggi. Namun, orang perlu untuk berinvestasi hanya dalam instalasi dan kemudian listrik adalah gratis.

          2.     Energi matahari tidak dapat bekerja secara efektif di negara-negara dingin akibat kelangkaan sinar matahari. Also, itu kurang efektif dalam musim hujan dan iklim dingin. AlJugaenergi matahari hanya dapat diproduksi di siang hari, dan tidak di malam hari.


          3.     Untuk aplikasi skala besar, daerah investasi yang lebih besar dan lebih tinggi diperlukan, yang mungkin tidak mudah dipenuhi.




Kesimpulan
Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian dari energi matahari, kita simpulkan bahwa keuntungan atau pro lebih dibandingkan dengan kontra dan karenanya, kita dapat mengatakan bahwa energi surya adalah salah satu sumber energi terbaik. Meskipun tidak digunakan dalam skala besar hari ini, energi matahari memiliki potensi untuk menghasilkan lebih dari seribu kali listrik yang saat ini diperlukan di seluruh dunia. Oleh karena itu, perlu untuk menciptakan kesadaran tentang manfaat energi surya untuk masa depan yang lebih baik!


Refrensi
http://www.tambangnews.com/serba-serbi/opini/2453-pemanfaatan-energi-matahari.html










Tidak ada komentar:

Posting Komentar